Categories
Techno

Cara Menggunakan WhatsApp Business Web dan Fitur-fiturnya

Jakarta – Bagi para pengusaha agar komunikasi dengan rekan kian lancar sehingga bisnis makin berkembang, sekarang ada WhatsApp Business Web. Ini adalah layanan untuk pengguna yang ingin memanfaatkan WhatsApp untuk kepentingan bisnis.

Layanan ini dapat diunduh gratis dan tersedia untuk iPhone dan Android. WhatsApp Business Web memiliki logo yang sama dengan WhatsApp biasa. Cara membedakannya pada WhatsApp Business, ikon speech bubble hijau yang biasanya diisi dengan simbol telepon diganti huruf B besar.

Sama halnya seperti WhatsApp reguler, penjual bisa chatting di desktop lewat WhatsApp Bussiness Web. Selain itu penjual bisa memberikan informasi kepada pembelinya dengan menuliskan profil bisnis, jam tutup toko, hingga alamat email dan situs web.

Kelebihan lainnya, pengguna bisa mendaftarkan nomor telepon fixed line di aplikasi WhatsApp Business Web. Tapi WhatsApp tidak asal menerima nomor telepon fixed line yang didaftarkan. Nantinya akan dilakukan verifikasi, untuk memastikan nomor yang didaftarkan merupakan milik bisnis terkait. Hal ini dilakukan untuk memastikan jika satu nomor telepon mewakili bisnis tertentu. Sehingga tidak terjadi duplikasi nomor telepon bisnis. Sebagai bukti verifikasi, WhatsApp Business Web akan menyematkan centang hijau di nama bisnis pengguna.

Pada WhatsApp Business Web, kamu dapat meninjau jumlah statistik pesan yang terkirim dan pesan masuk. Oleh karena itu para pebisnis dapat mengetahui pesan apa yang efektif.

WhatsApp ini memberikan banyak fitur untuk memudahkan para pebisnis dalam mengelola akunnya, secara khusus untuk merespons para pembelinya lewat chat.Fitur-fitur WhatsApp Business Web lainnya:

1. Balasan cepat dengan jawaban otoamatis. Hal ini membantu penjual untuk memberikan jawaban paling umum yang sering ditanyakan oleh pembeli.

2. Obrolan dan kontak dapat diatur dengan fitur label sehingga lebih rapi.

3. Filter obrolan. Dengan ini penjual bisa menyortir obrolan baik dari pesan personal grup atau daftar pesan yang belum dibaca.Berikut cara menggunakan aplikasi WhatsApp Business Web:

1. Unduh aplikasi WhatsApp Business web di iPhone atau Android. Lalu kamu akan diminta untuk mengklik tulisan agree & continue

2. Setelah itu, kamu diminta memasukkan nomor telepon untuk whatsApp Business. Ada pilihan apakah akan tetap memakai nomor telepon di WhatsApp reguler. Kalau tetap menggunakan nomor telepon WhatsApp Reguler, kamu akan otomatis logout dari WhatsApp reguler.
3. Masukkan profil seperti foto dan nama bisnis kamu. Masukkan jenis bisnis yang udah tertera di daftar. Selain itu masukkan deskripsi, jam kerja, email, dan website bisnis.

4. Buat Katalog

Masukkan katalog dagang kamu di WhatsApp Business Web. Etalase online ini berisi informasi foto hingga harga produk. Caranya buka aplikasi WhatsApp Business, pilih pengaturan lalu katalog. Kemudian pilih tambah produk lalu pilih foto produk dan sertakan informasi lengkap dengan maksimal 500 foto. Lalu simpan dan daftar katalog akan muncul di akun kamu.

5. Setelah itu kamu akan tersambung ke whatsApp Business Web messenger seperti WhatsApp biasanya.