Categories
Health

Sembarangan Minum Klorokuin untuk Cegah Corona, Pria Ini Meninggal 

Jakarta – Pria asal Arizona meninggal dunia usai konsumsi klorokuin untuk cegah virus corona. Bahkan istrinya yang ikut mengonsumsi klorokuin pun dilaporkan sedang dalam kondisi kritis.

Berdasarkan rilis Banner Health di Arizona, yang dikutip dari NBC News, kedua pasangan tersebut berusia 60-an. Dalam waktu setengah jam melakukan penanganan medis, pria dari pasangan itu pun meninggal.

Beberapa penelitian menyebut klorokuin efektif untuk menangani pasien virus corona. Namun tidak ada imbauan obat klorokuin ini bisa dipakai sebagai langkah pencegahan apalagi dikonsumsi tanpa resep dokter.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Nigeria pun mengimbau agar masyarakat tidak gegabah dalam mengonsumsi klorokuin sebagai langkah pencegahan. Hal yang sama pun dikatakan direktur medis Banner Poison and Drug Information Center, dr Daniel Brooks, kalau melakukan pengobatan atau pencegahan sendiri tanpa indikasi klinis tidak dibenarkan.

“Kita mengerti banyak orang yang belum memahami hal ini, namun bisa dipastikan klorokuin tidak untuk dikonsumsi secara bebas begitu saja, ini sangat berbahaya dan berisiko,” katanya.